Kebiasaan merokok rasanya sudah gak bisa lagi dihindari di mana saja kita berada termasuk saat sedang bepergian menaiki kendaraan. Merokok di dalam mobil tetap bisa kita lakukan dengan mematikan AC dan membuka jendela agar asap rokok keluar. Namun jika terlalu sering dilakukan, abu rokok terkadang masih tertinggal dan menyebabkan bau di dalam kabin. Nah, buat kamu yang mobilnya gak ingin ada bau rokok, di bawah ini ada 5 tips mudah untuk menghilangkan bau rokok di dalam mobil. Yuk, simak di bawah ini.

1. Bersihkan interior mobil secara rutin

Hal yang paling mudah dilakukan adalah dengan membersihkan interior mobil secara berkala. Jika kamu sempat, kamu bisa membersihkannya 1 minggu dua kali, namun jika gak sempat, luangkan waktu seenggaknya 1 minggu sekali untuk membersihkan interior.

Kamu bisa membersihkannya dari abu yang mungkin tertinggal di jok dan dashboard mobil, bahkan jika kamu terbiasa membuang abu rokok di asbak dalam mobil, kamu wajib membersihkannya secara berkala agar abunya gak menyebar ke tempat lain. Jika kamu punya vacuum cleaner khusus mobil, kamu bisa menggunakannya untuk menyerap abu yang menempel di karpet atau jok mobil kamu.

2. Buka kaca dan pintu mobil di pagi hari

Agar udara di dalam kabin yang sudah berbau dapat berganti dengan udara segar, ada saatnya kamu untuk menggantikan udara tersebut di pagi hari. Caranya adalah dengan membuka semua pintu dan jendela mobil kamu di pagi hari dan pastikan suasana tempat kamu membuka pintu dan jendela nggak mudah terkena polusi atau debu di sekitar agar mobil kamu gak kotor.

3. Bersihkan AC mobil

Sirkulasi udara yang segar di dalam mobil gak bisa terhindar dari dukungan AC mobil, sehingga untuk menjaga agar kabin mobil gak bau rokok kamu juga perlu membersihkan sistem pendingin kabin mobil ini. Kamu bisa membersihkan filter kabin yang letaknya biasanya berada di bawah dashboard mobil. Kamu juga bisa membersihkan evaporator AC mobil dengan cairan berbentuk foam yang bisa dibeli di toko-toko peralatan mobil. Caranya adalah dengan menyemprotkan cairan tersebut ke arah AC mobil yang menyala, nanti kotoran yang ada akan keluar bersama dengan air buangan AC mobil. Udara pun menjadi segar kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published.