Tak ada yang pengin mobilnya turun mesin. Sebab, jika telah divonis harus turun mesin, itu berarti ada masalah serius dengan jeroan di dalam mesin tungganganmu. Kalau sudah begitu kamu pun gak punya pilihan selain memperbaikinya meski harus menyiapkan biaya yang tidak sedikit. Nah, berikut 5 tanda mobilmu harus segera turun mesin sebelum masalahnya semakin merembet ke mana-mana.

1. Knalpot mobil mulai mengeluarkan asap putih

Salah satu tanda mesin bermasalah adalah asap putih yang menyembur dari knalpot setiap kali pedal gas diinjak. Asap putih tersebut disebabkan oli masuk ke ruang bakar sehingga ikut terbakar ketika busi menyala. Biasanya asap putih dari knalpot akan diikuti dengan jumlah oli yang berkurang drastis. Beberapa komponen yang mungkin harus diganti antara lain packing head, silinder head, bore silinder, ring piston, PC valve, atau seal valve.

2. Mesin kerap alami panas berlebih atau overheating

Mesin yang sehat biasanya tidak akan mengalami overheating saat dipakai harian. Tapi lain cerita jika mesin tersebut bermasalah. Overheating atau panas berlebih bisa terjadi. Akibatnya mesin mendadak mogok alias mati. Overheating bisa membuat silinder head melengkung. Akibatnya oli bisa tercampur air. Tak ada cara lain untuk memperbaikinya kecuali dengan membongkar mesin. Karena itu selalu perhatian suhu mesin dengan melihat termometer di bagian dasbor.

Leave a Reply

Your email address will not be published.